RSS

Ciptakan efek ketagihan

10 Jun

Ini disadur dari salah satu blog kesukaan gw

Ciptakan efek ketagihan

Pertama, Harus punya gairah (passion) ketika melakukan pekerjaan Anda. Gairah akan muncul apabila Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dengan sepenuh hati. Hindari melakukan sesuatu yang tidak Anda cintai. Lionel Messi bisa menjadi pemain sepakbola terbaik dunia pastilah diawali karena dia mencintai si kulit bundar. M.Yunus mendapatkan nobel karena kecintaannya terhadap microfinance. Gairah akan lebih menggelora apabila dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan, sedikitnya Anda membuat lima alasan mengapa Anda melakukan pekerjaan tersebut. Misalnya, bila Anda berprofesi sebagai tenaga marketing maka sebutkanlah lima alasan mengapa Anda memilih profesi itu.

Kedua, Persiapan. Persiapan membuahkan keyakinan. Bila Anda belum terbiasa memberikan sambutan di depan expatriat, maka berlatihlah terlebih dahulu sebelum Anda tampil. Bila Anda mau bertemu dengan client, berlatihlah bagaimana Anda nanti berbicara, bernegosiasi dan akhirnya sepakat untuk bekerjasama. Belajarlah untuk berlatih dan berlatihlah untuk belajar: Ada orang yang pernah berkata: Jika setan tidak bisa menggoda Anda berbuat jahat, ia akan berusaha membuat Anda Sibuk. Terlalu sibuk akan menjadikan Anda lupa untuk mengembangkan diri. Oleh karena itu, di sela-sela kesibukan Anda, renungkanlah apa yang sudah Anda pelajari di masa lalu, apa yang perlu diperbaiki? Pengetahuan dan keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk meningkatkan “kelas” Anda. Apa yang bisa Anda tambah, apa yang bisa Anda kurangi agar Anda bisa melakukannya dengan jauh lebih baik.

Ketiga, Menjiwai. Libatkan semua Indra Anda dengan optimal. Dari penampilan yang menarik, menggunakan semua hal data, cerita, tatapan mata, bahasa tubuh dan lain sebagainya. Selain itu, berikanlah sesuatu yang melebihi yang diharapkan orang lain. Berkosentrasilah ketika Anda sedang melakukan sesuatu. Ketika Anda menghadiri suatu acara tunjukkanlah bahwa pikiran dan jiwa raga kita ada di tempat itu, bukan di tempat lain. Hindari multitasking (melakukan banyak pekerjaan di waktu yang sama) karena ternyata hal ini mengurangi penjiwaan Anda. Selain itu, menurut berbagai riset ternyata multitasking akan menurunkan produktivitas, menurunkan kesehatan dan bisa menurunkan kecerdasan hingga 10 point. Untuk lebih jelasnya silahkan baca buku keempat saya: DNA SuksesMulia yang diterbitkan Gramedia.

Keempat, Poleslah keahlian yang telah Anda miliki. Setelah Anda melakukan suatu aktifitas lakukanlah evaluasi dan berfokuslah pada kesalahan yang terjadi. Mintalah ide dan masukan dari orang lain terutama para ahli untuk perbaikan. Dan bila Anda ingin keahlian Anda meningkat secara cepat maka ajarkan yang sudah Anda kuasai kepada orang lain.

 
Leave a comment

Posted by on June 10, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: